Rabu, 23 Mei 2018

KUE BURGO MAKANAN UNIK KHAS JAMBI


KUE BURGO MAKANAN UNIK KHAS JAMBI



Kue burgo merupakan makanan  yang memiliki keunikan yang berasal di Provinsi Jambi, keunikan dari kue burgo adalah rasa dan bentuknya, dengan sajian kuliner yang terbuat dari tepung beras dan sagu tani, bentuknya yang sangat menarik seperti dadar gulung yang dipotong-potong menyerupai kue gulung.

Biasanya burgo dilengkapi dengan kuah dan lauk  pauk berupa telur rebus. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan dicampur dengan udang, sehingga menciptakan rasa yang nikmat di lidah dan mampu menarik hati. Tekstur kue yang kenyal dengan rasa yang gurih membuat perut terasa bergejolak ingin memakannya.

Bahan-bahan kue burgo pun tidaklah sulit  untuk ditemukan karena bahan-bahan yang diperlukan mudah kita temui seperti dari bahan isinya yaitu; tepung beras, air, air kapur sirih, garam dan daun pisang atau plastik untuk alas dari kue burgo.

Sementara bahan untuk membuat kuahnya adalah santan dari butir kelapa, daging ikan tenggiri, kaldu ikan, kaldu undang, udang, lengkuas, gula pasir, tepung beras dan penyedap rasa, bumbu yang dihaluskan berupa bawang merah, minyak goreng untuk menumis, ketumbar, ebi, garam dan jinten. Terakhir dilengkapi dengan bawang goreng dan saus sambal.

0 komentar:

Posting Komentar