Rabu, 23 Mei 2018

NASI GEMUK MAKANAN KHAS JAMBI


NASI GEMUK MAKANAN KHAS JAMBI



Balik lagi ni guys kita membahas makanan khas Jambi. Makanan yang satu ini sama dengan nasi uduk di jawa. Bahkan bisa di bilang sama persis, Cuma yang, membedakannya hanya dari daerah asalnya saja. Nasi gemuk juga bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura, tetapi disana nasi gemuk lebih dikenal dengan nama nasi lemak. Karena rasanya yang agak sedikit berminyak karena terdapat santan dalam bahan pembuatannya.

          Nasi gemuk dibuat dari bahan beras, santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk. Untuk memperkuat rasa dan membuatnya makin enak, ditambahkan juga bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, dan jintan. Caranya, beras dicampur bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, lalu dikukus selama kurang lebih satu jam sampai nasi mengembang seperti memasak nasi pada umumnya.

Untuk menikmati seporsinya nasi gemuk cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 10000,- . Biasanya nasi gemuk dinikmati dengan menu-menu pelengkap seperti telur rebus atau telur dadar iris, kacang goreng, sambal terasi, kerupuk, acar, irisan mentimun, dan bawang goreng. Dan biasanya nasi gemuk di nikmati oleh masyarakat jambi untuk sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

0 komentar:

Posting Komentar