Jumat, 16 Maret 2018

BIJI KOPI INDONESIA YANG MELEGENDA DI EROPA

                       
     Masyarakat Eropa Sangat Kagum Dengan Cita Rasa Kopi Jawa






Disini gua akan ceritain tentang sejarah biji kopi asal Indonesia yang terkenal hingga ke Eropa tetapi meninggalkan sejarah yang sangan menyakitkan bagi rakyat Indonesia.

Pada abad ke 19, orang-orang Eropa yang berpergian ke Indonesia menyebut “secangkir Jawa” saat memesan segelas kopi. Hal tersebut di karenakan pada saat itu kopi Jawa adalah kopi  terbaik di dunia.

Awalnya “kopi” bisa berganti kata jadi “Jawa”  memang  tidak senikmat rasanya, karena ketika Indonesia di jajah oleh Belanda, VOC memonopoli perdagangan kopi dari tahun 1725 sampai 1780.




         
         Ada kesengsaraan di balik citarasa dan kenikmatan kopi asal Jawa ini, Dulu sewaktu Indonesia di kuasai oleh VOC, mereka memaksa masyarakat  pribumi untuk menanam kopi dengan cara membuat perjanjian yang berat sebelah dengan penguasa setempat.
          
       Perjanjian ini disebut Koffiestelsel (sistem kopi). Berkat sistem ini pula biji kopi berkualitas tinggi dari tanah Jawa bisa membanjiri Eropa. Tetapi dulu masyarakat pribumi sulit untuk merasakan kenikmatan biji kopi asal Jawa ini.
          
        Sistem perdagangan kopi terus berlangsung meskipun kemudian VOC dibubarkan dan Hindia Belanda diperintah oleh pemerintah Belanda.
         
    Gimana guys udah pada taukan biji kopi dari Indonesia itu sudah terkenal sejak dulu, jadi jangan gengsi untuk mengonsumsi kopi lokal ya guys hehehheh

sumber (bicarakopi)




0 komentar:

Posting Komentar