Selasa, 06 Maret 2018

sejarah kopi joss



KOPI JOSS KHAS JOGJA



                Sejak dulu budaya minum kopi memang sangat kental di berbagai daerah di indonesia, salah satunya daerah istimewa Yogyakarta, ada kopi yang di sajikan cukup unik kopi ini bernama 'kopi joss' yang sangat tersohor di setiap penjuru kota pelajar ini.

                    kopi joss pertama kali di populerkan oleh angkringan lek man yang terletak di kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. pada tahun 1980-an awalnya Lek Man hanya berjualan seperti angkringan pada umumnya, namun karena angkringan yang ia miliki berdekatan dengan stasiun kereta api, ia seringkali di kunjungi olah orang-orang yang bekerja di Stasiun ataupun penumpang kreta api yang sedang mampir di stasiun tugu yang terletak di kawasan malioboro ini, dan biasanya orang yang berasal dari jawa timur memesan kopi kothok khas Jawa Timur, yaitu biji kopi yang di rebus bersama gula. karena Lek Man tidak tidak bisa membuat kopi kothok, akhirnya Lek Man mencampurkan arang panas yang berasal dari tungku pemanas air kedalam kopi agar terlihat seperti di rebus. Sehingga terdengar suara "joss" saat arang panas panas di celupkan kedalam kopi dan menjadi cikal bakal nama kopi joss.


              
                  Kini resep kopi joss Lek Man di seluruh wilayah yogyakarta, dan menjadi menu khas angkringan di yogyakarta. tapi resep legenda kopi joss Lek Man kini telah di wariskan kepada adiknya, yaitu pak aleks, yang sekaligus menjadi generasi kedua kedai angkringan Lek Man.

                    Kalo teman-teman sedang liburan ke jogja boleh ni menyempatkan diri untuk mencoba kenikmatan kopi joss dan harganya juga tidak menguras dompet teman-teman kok, dan kalian bisa menikmati suasana malam di kawasan malioboro sambil meminum secangkir kopi joss.

               Terima kasih buat teman-teman yang udah mampir ke blog ini, smoga informasi di atas bisa bermanfaat buat teman-teman yang mau berlibur atau pun yang tinggal di yogyakarta 

0 komentar:

Posting Komentar